-->

Trik Agar Menulis Dengan Baik Untuk Blog, Essai, Artikel

Trik Agar Menulis Dengan Baik Untuk Blog, Essai, Artikel  - Menulis merupakan suatu kegiatan yang pada saat ini mungkin telah menjadi sesuatu yang sulit. Karena semua orang yang bisa menulis belum tentu bisa menulis dengan baik. Menulis dengan baik merupakan suatu kebiasaan yang di dapat dari pembelajaran ketika menulis sebelumnya.


Mungkin ketika menulis kita telah memiliki ide dari tulisan apa yang ingin di tulis namun belum tentu bisa menulis apa yang ada di pikiran kita karena tidak tau harus memulai dari mana. bahkan mungkin tidak tau apa yang harus di tulis hanya memiliki idenya saja. Untuk itu ada beberapa jenis kebiasaan dan latihan yang dapat di lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis seseorang. Karena dimanapun kita pasti kegiatan menulis akan sangat bermanfaat. Mungkin hanya sekedar catatan, laporan atau untuk mata pencaharian. Jadi menulis yang rapi akan membuat yang membaca lebih nyaman ketika membaca tulisan kita.

Blog, Essai, dan Artikel merupakan tulisan yang di tulis bebas secara opini atau tidak perlu di buktikan dengan ilmiah karena semua berdasarkan pengalaman dan kemungkinan yang mungkin saja terjadi. Di perlukan kemampuan dalam mengembangkan tulisan atau memperbanyak kosa kata di dalam menulis. berikut adalah trick yang dapat kalian lakukan agar dapat menulis dengan baik.

1. Latihan Membaca

Yang pertama di mulai dari latihan membaca. Coba kalian baca artikel blog ini hingga selesai. Dengan begitu kalian sudah melatih diri kalian dalam mengembangkan diri kalian dalam memperbanyak kosakata, melatih fokus dalam membaca, dan secara tidak langsung meningkatkan kemampuan kalian dalam memahami suatu bacaan.

Latih lah diri kalian dengan membaca sesuai dengan apa yang kalian akan tulis dengan begitu akan mempermudah kalian dalam mengembangkan kata yang cocok dengan tema tulisan kalian. jika kalian berencana untuk menulis essai berkaitan dengan agama maka bacalah tulisan tulisan berbau agama. Lalu kalian mulai menulis dengan pengetahuan kalian juga. Sehingga buah pikiran atau ide kalian akan di dukung dengan informasi yang memadai dari membaca.

2. Membuat Peta Konsep Sebelum Menulis

Peta konsep akan mempermudah kalian agar tulisan kalian tidak keluar dari topik dan memperbudah kalian dalam mencari lanjutan dari tulisan kalian jika sudah buntu dalam menulis. berikut adalah contoh dari mindmap atau peta konsep.


Peta Konsep seperti di atas akan mempermudah kalian. Dontohnya ketika ingin menulis tentang tasawuf dan bingung memulai dari mana. Maka bisa mulai dari biografinya. lalu menjelaskan beberapa hal dari biografi setelah buntu atau di rasa cukup dalam menjelaskan biografi bisa di lanjutkan ke cabang yang lain. ini kan sangat mempermudah kalian dalam menulis. jadi inti dari Peta Konsep ini adalah berfikir tentang apa yang kalian ingin tulis sebelum menulis.

3. Menulis Secara Original

Latihlah diri kalian menulis secara original. Kalau bisa lebih baik membuat peta konsep dari tulisn orang daripada melakukan rewrite atau menulis ulang. rewrite akan menghilangkan kemampuan kalian dalam berkreatifitas. Kalian akan terpaku pada tulisan orang dan akan merubah sedikit sedikit saja. Ini merupakan hal yang tidak baik dalam menulis. Selain mengurangi kemampuan kalian dalam menyusun ide berdasarkan orisinalitas kalian, hal ini juga akan mempengaruhi kalian dalam menulis selanjutnya. kalian akan ketergantungan terus menerus dengan melihat artikel orang dalam menulis.

Menulislah jangan ragu dalam menulis. Lebih baik kalian menulis dengan kemampuan kalian sendiri. entah kalian merasa tulisan kalian buruk tetap saja menulis. Jangan di hiraukan, yang terpenting kalian sudah berusaha dalam menulis apa yang ada di pikiran kalian secara terus menerus. Hal tersebut akan memperbaiki tulisan kalian dan melatih kalian secara tidak sadar.

4. Baca Ulang Tulisan Kalian

Membaca ulang tulisan merupakan cara terbaik menilai sejauh mana kemampuan menulis kalian. Sama seperti kalian melihat diri kalian di foto masa lalu. oh ternyata dulu aku alay, ternyata aku itu jelek. sekarang lebih baik bisa merawat diri dan lain sebagainya. Perumpamaan tersebut cocok di gunakan dalam menulis. Orang yang sudah ahli menulis pasti akan tertawa sendiri jika melihat tulisannya yang dulu. Karena jika menulis terus di tekuni kemampuan tersebut secara tidak sadar akan di asah. 

Meminta orang untuk membaca hasil tulisan kalian juga merupakan hal yang bagus di lakukan untuk menanyakan apa hal yang perlu di perbaiki dalam tulisan yang kalian buat. Kita perlu mendengarkan masukan masukan orang. Guru atau Orangtua menjadi orang yang baik untuk di tanyakan. Namun kalian juga bisa menanyakan mengenai kualitas tulisan kalian kepada teman teman kalian jika mereka tidak keberatan dalam membantu kalian. 

Itulah beberapa hal yang dapat membantu kalian untuk meningkatkan kemampuan kalian dalam menulis. Tetaplah menulis jika kalian ingin menjadi penulis. jangan takut tulisan kalian jelek. Karena semua butuh proses. Jika kalian takut tulisan kalian masih kurang bagus. kalian bisa mengirimkan E - Mail kepada admin kampung trick untuk berbagi pengalaman dalam menulis. 

Sekian artikel kali ini semoga kalian dapat melatih diri kalian dalam konsisten menulis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Jika kalian masih memiliki banyak hal untuk di tanyai dalam meningkatkan skill menulis kalian. Silahkan menuliskan pertanyaan kalian di komentar di bawah. Kami akan dengan senang hati membantu kalian dalam meningkatkan kemampuan kalian. Terimakasih

0 Response to "Trik Agar Menulis Dengan Baik Untuk Blog, Essai, Artikel "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel