-->

Cara Membaca nomor Prosessor intel

Cara mengerti nomor Prosessor intel -  Pada laptop atau komputer yang menggunakan prosessor intel pasti memiliki Nama yang cukup panjang. Nomor yang mengikuti versi dari prossesor intel memiliki arti yang jika kita memahami versinya akan memudahkan kita untuk memilih prosessor yang terbaik. sehingga ketika ingin membeli prosessor atau memilih laptop kita tidak akan tertinggal prosessor yang terbaru.



Kenapa hal ini sangat penting ?. Karena jika salah memilih prosessor dapan membuat performa saat menggunakan komputer berbeda dari yang kalian harapkan. Bayangkan jika kalian ingin menggunakan laptop untuk keperluan gaming di rumah namun yang kalian dapatkan adalah versi prosessor yang low power dan tidak bisa sekencang versi normalnya. Padahal low power di gunakan untuk laptop yang di bawa kemana mana. Tidak cocok untuk bermain game.

Untuk itu pada postingan kali ini kita akan membahas lengkap mengenai cara membaca prosessor intel. ntah itu untuk hp atau laptop. kita akan paham setelah membaca postingan ini.

Intel Core Generasi Kesepuluh (10th)


Untuk Generasi ke 10 memiliki urutan nomor yang diawali dengan nama brand yaitu Intel Core. setelah itu di ikuti dengan tipenya entah itu Core I7,I5,I3 atau mungkin I9. lalu ada angka yang mengikutinya. Ada angka 10 yang menunjukkan bahwa prosessornya adalah generasi 10 dan di ikuti oleh angka produksinya. setelah itu akan ada angka atau huruf yang menunjukkan performa.

Intel Core Generasi Kesembilan (9th)


Nomor untuk prosessor Intel Core generasi kesembilan memiliki urutan di mulai dari merek yaitu Intel Core lalu di ikuti oleh penjelasan apakah prosessor tersebut I3, I5 atau I7 atau I9. lalu akan ada angka 9 yang menunjukkan bahwa itu adalah prosessor generasi ke-9. lalu ada angka SKU atau kode produksi yang jika semakin tinggi angkanya  berarti semakin baik. dan ada juga huruf di akhir yang mengkategorikan prosessornya. arti dari huruf huruf itu sebagi berikut.

K : Versi yang bisa di over clock
F : Versi yang memiliki grafis terpisah
T : Ultra hemat daya
S : Edisi special atau khusus
H : Memiliki grafis kinerja yang tinggi
HK : Memiliki grafis kinerja tinggi dan dapat di Over Clock


Intel Core Generasi Kedelapan (8th)


Intel Core generasi ke 8 memiliki urutan nama yang di mulai mereknya yaitu Intel Core dan di ikuti oleh tipe prosessornya I7,I3 atau I5. lalu di ikuti dengan angka 8 yang menunjukkan bahwa itu adalah intel core generasi ke 8. setelah itu di ikuti oleh SKU yang semakin tinggi nilainya akan semakin baik performanya. lalu di akhir ada huruf yang akan menjelaskan jenis dari prosessornya. dengan arti dari hurufnya sebagai berikut.

K : Versi yang bisa di over clock
G : Versi yang memiliki grafis terpisah
U : Ultra hemat daya

Intel Core Generasi Ketujuh (7th)


Prosessor generasi ke tujuh tidak memiliki versi untuk mobile atau hp untuk urutan namanya Intel core generasi ke 7 memiliki urutan dari nama brandnya atau Intel Core. baru lah tipe prosessor core I5, I3 atau I7 dan di ikuti oleh angka 7 yang menunjukkan bahwa itu generasi ke 7 lalu ada SKU atau kode produksinya. setelah itu di belakang ada huruf yang menandakan jenis dari prosessornya. seperti huruf U untuk hemat daya. Huruf H untuk prosessor dengan grafis tinggi. Untuk makna lengkap dari hurufnya adalah sebagai berikut.

H : Versi Hp dengan Grafis bekerja tinggi
HQ : Versi Hp dengan Grafis tinggi di bekali Quad Core
HK : Versi Hp Hemat daya dan bias di Over Clock
U : Ultra hemat daya
Y : Menggunakan daya yang sangat rendah

Intel Core Generasai Keenam (6th)

Intel Core generasi keenam merupakan generasi tertinggi yang memiliki versi mobile dengan urutan nama dimulai dengan brand yaitu Intel Core. di ikuti dengan Tipe Prosessor entah itu Core I7, I5 atau I3. Setelah itu di lanjutkan dengan indikator generasinya dengan angka 6 dan juga SKU atau kode produksinya. Dan di akhiri dengan huruf dari jenis Prosessornya apakah yang hemat daya ataukan yang memiliki grafis tinggi. Kode hurufnya sebagai berikut.

K : Bisa di Over Clock
T : Performa yang menjadi utama
H : Versi mobile dengan Grafis bekerja tinggi
HQ : Versi mobile dengan Grafis tinggi di bekali Quad Core
HK : Versi mobile Hemat daya dan bias di Over Clock
U : Ultra hemat daya

Intel Core Generasi Kelima (5th)


Intel Core generasi ke lima memiliki urutan mulai dari nama brand yaitu Intel Core. lalu di ikuti oleh angka untuk tipe prosessornya seperti Core I5, Core I7 dan Core I3. Setelahnya diikuti dengan Angka generasi yaitu angka 5 karena generasi kelima dan diikuti oleh skunya. dan 2 atau 1 huruf di belakang untuk menunjukkan tipe jenis prosessor itu apakah low power atau perfoma tinggi.

C : Bisa di Over Clock dengan Grafis tinggi
R : Berbasis BGA1364 dengan grafis berkinerja tinggi
H : Versi mobile dengan Grafis bekerja tinggi
HQ : Versi mobile dengan Grafis tinggi di bekali Quad Core
U : Versi mobile Hemat daya

Intel Core Generasi Keempat (4th)


Prosessor Intel Core generasi ke empat memiliki urutan nama brand atau nama dari prosessor lalu di ikuti dengan angka untuk tipe prosessornya (I7,I5,I3) yang menunjukkan ini adalah generasi ke empat. Lalu di ikuti dengan angka indikator prosessor yang menunjukkan bahwa prosessornya generasi ke empat. Lalu di ikuti oleh SKU untuk menunjukkan kode produksi. dan di ikuti oleh satu atau dua huruf di belakang yang menunjukkan jenis dari prosessornya. untuk arti dari kode huruf adalah sebagai berikut.


K : Bisa di Over Clock
R : Berbasis BGA1364 dengan grafis berkinerja tinggi
S : Kinerja lebih optimal
T : Keandalan lebih optimal
HQ : Grafis Kinerja Tinggi
M : Versi untuk mobile
MQ : Versi untuk mobile berbasis Quad-Core
MX : Edisi ektrim
U : Menggunakan daya rendah
Y : Menggunakan daya yang sangat rendah

Intel Core Generasi Ketiga (3th)


Prosessor generasi ke tiga memiliki bagian brand atau nama dari prosessor lalu angka untuk tipe dari prosessornya setelah itu di ikuti dengan tanda bahwa generasi ketiga yang di awali dengan angka tiga. lalu di ikuti dengan nomor SKU atau nomor yang menunjukkan itu adalah produksi baru atau lama. lalu di ikuti dengan 2 huruf atau 1 huruf di akhir sebagai jenis dari prosessornya. ada beberapa huruf yang memiliki arti antara lain.

K : Bisa di Over Clock
S : Kinerja lebih optimal
T : Keandalan lebih optimal
M : Versi untuk mobile
QM : Versi untuk mobile berbasis Quad-Core
U : Menggunakan daya rendah
Y : Menggunakan daya yang sangat rendah

Intel Core Generasi Kedua (2nd)

Prosessor intel core generasi ke dua di tandai dengan angka 2 setelah versinya. contohnya adalah I7-2600. seperti biasa produk intel core di awali dengan brand dengan tulisan intel core sendiri. dilanjutkan dengan serinya. I7, I3, atau I5. barulah di mulai dengan penomoran. Pada nomor yang membedakannya adalah terdapat nomor yang memiliki huruf dan ada yang tidak memiliki huruf. untuk yang tidak memiliki huruf. generasi yang baik adalah yang memiliki angka paling tinggi. 

Untuk yang memiliki huruf. berarti prosessor tersebut memiliki spesifikasi khusus tambahan tergantung dari huruf yang mengikutinya. berikut penjelasan dari huruf - huruf yang mengikuti Produk intel core.

K : Bisa di Over Clock
S : Kinerja lebih optimal
T : Keandalan lebih optimal
M : Versi untuk mobile
QM : Versi untuk mobile berbasis Quad-Core


Intel Core Generasi Pertama (1st)

Generasi perama dari Intel core memiliki nomor seri dan nomor 3 digit di belakangnya. nomor seri dari intel core untuk menunjukkan apakah itu i7, i3, atau i5. 3 digit di belakang nomor adalah untuk menunjukkan kode sama seperti prosessor yang lain. jika semakin tinggi nomornya makan semakin baik kualitas dari prosessornya.

Proses Intel Core 2 Quad


Prosessor tipe ini agak jarang di dengar jika di banding dengan yang lain. Namun perlu juga untuk kita ketahui. Prosessor ini memiliki 2 jenis dalam penomoran. Pertama untuk yang normal hanya dengan angka saja. Kedua yang memiliki Huruf S diakhir nomornya menandakan bahwa itu adalah versi yang memiliki rancangan daya panas rendah.

Prosessor Intel Atom


Untuk prosessor atom memiliki 2 bagian dalam penjelasan namanya. tentu saja akan di mulai dari brandnya. Yaitu Intel Atom Prosessor yang akan menunjukkan bawah itu adalah intel atom. Untuk bagian nama. Terdapat dua bagian, Pertama adalah nomor dari prosessornya. Semakin tinggi atau banyak dalam nomor prosessor berarti akan semakin baik prosessor tersebut karna memiliki kemampuan atau fitur yang lebih luas. kedua Jika pada prosessor terdapat huruf N atau Z . maka prosessor tersebut adalah prosessor untuk perangkan internet mobile.

Prosessor Intel Celeron dan Intel Pentium




Untuk intel Celeron dan Intel Pentium cara memberdakannya sama. yaitu untuk tulisan intel pentium atau intel celeron merupakan versi dari prosessornya. di lanjutkan dengan nomor versi dari pentium dan celeronnya. Misalnya di atas pada nomornya tertulis 450 dan E2200. Pada dasarnya tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang huruf dan angka. Yang menjadi patokan. semakin besar angkanya semakin banyak fitur dari produk intel tersebut.


0 Response to "Cara Membaca nomor Prosessor intel"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel